ANALISIS KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP PELAYANAN KERETA API FEEDER KCJB LINTAS PADALARANG-BANDUNG

ANALISIS KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP PELAYANAN KERETA API FEEDER KCJB LINTAS PADALARANG-BANDUNG.

[thumbnail of 015/TA-10/UNW/BP/VIII/2025] Text (015/TA-10/UNW/BP/VIII/2025)
Skripsi_Danang Pangestu W_4122322110019 .pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (40MB)
Item Type: Thesis
Title:
ANALISIS KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP PELAYANAN KERETA API FEEDER KCJB LINTAS PADALARANG-BANDUNG
Abstract:

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik penumpang dan tingkat kepuasan terhadap pelayanan Kereta Api Feeder KCJB Lintas Padalarang-Bandung. Sampel sebanyak 97 responden dipilih secara acak dari populasi 3.442 penumpang dengan menggunakan rumus Slovin dan taraf kesalahan 10%. Penumpang didominasi oleh kelompok usia produktif 21-30 tahun (55.67%) dan berprofesi sebagai karyawan swasta (34,02%). Mayoritas menggunakan kereta ini untuk keperluan bekerja (84,44%). Analisis operasional menunjukan waktu tempuh rata-rata 18 menit , frekuansi pelayanan 72 perjalanan per hari dengan headway 7 menit, namun load factor masih rendah pada angka 39,16%. Tingkat kepuasan penumpang di ukur melalui Costumer Satisfaction Index (CSI) yang mencapai 90,10% mengindikasikan kategori "sangat puas". Meskipun demikian, analisis Importance Performance Analysis (IPA) mengungkapkan adanya kesenjangan pada atribut kebersihan dan suhu di dalam kereta serta ketepatan jadwal perjalanan dengan gap masing masing -47 dan -46, yang berpotensi menurunkan kepuasan jika tidak segera di perbaiki. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan untuk melakukan survei lanjutan guna untuk mengidentifikasi penyabab rendahnya load factor dan mengambangkan strategi pemasaran yang lebih efektif. selain itu, fokus perbaikan harus di arahkan pada kebersihan dan ketepatan jadwal sebagai prioritas utama untuk menjaga dan meningkatkan kepuasan penumpang. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis bagi pengelola Kereta Api Feeder KCJB dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan menarik lebih banyak penumpang.
Kata kunci : kepuasan penumpang, kereta api feeder, importance performance analysis (IPA), costumer satisfaction index (CSI), pelayanan transportasi.

Creators:
WIBOWO, DANANG PANGESTU
Subjects:
Depositing User:
Date Deposited:
13 Oct 2025 08:44
Last Modified:
29 Oct 2025 01:52
URI: https://repo.unwim.ac.id/id/eprint/1171

Actions (login required)

View Item
View Item