EVALUASI TEBAL PERKERASAN LENTUR METODE MEKANISTIK-EMPIRIS MENGGUNAKAN PROGRAM KENPAVE (STUDI KASUS : JALAN CIBADAK-CIKIDANG-PELABUHAN RATU).
![TA Teknik Sipil 2022 [thumbnail of TA Teknik Sipil 2022]](https://repo.unwim.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Draft Tugas Akhir-Slamet Prabowo Rev 4 dari R1 Bu An An.docx - Other
Restricted to Registered users only
Download (53MB)
![Jutnal TA Teknik Sipil [thumbnail of Jutnal TA Teknik Sipil]](https://repo.unwim.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Slamet prabowo.docx - Other
Download (1MB)
Item Type: | Thesis |
---|---|
Title:
|
EVALUASI TEBAL PERKERASAN LENTUR
METODE MEKANISTIK-EMPIRIS MENGGUNAKAN
PROGRAM KENPAVE (STUDI KASUS : JALAN CIBADAK-CIKIDANG-PELABUHAN RATU)
|
Abstract:
|
Ruas Jalan Cibadak-Cikidang-Pelabuhan Ratu merupakan jalan provinsi dalam rangka mendukung perkembangan daerah Jawa Barat Selatan sebagai salah satu kawasan yang didorong untuk menumbuhkan investasi yang berdampak pada peningkatan perekonomian nasional. Pada penelitian ini digunakan Pt-T-01-2002-B serta Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 untuk mendesain tebal perkerasan lentur pada ruas jalan tersebut secara empiris yang dikontrol dengan program KENPAVE secara mekanistik. Sehingga dapat diketahui dampak beban lalu lintas terhadap nilai tegangan maupun regangan yang pada hasil perencanaan tiap metode empiris, serta mengetahui tebal lapisan alternatif yang dapat digunakan. Tebal lapis perkerasan lentur yang didapatkan menggunakan metode Pt T-01-2002-B adalah AC-WC dengan tebal 4 cm dan AC-BC dengan tebal 8 cm sebagai lapis permukaan, AC-Base sebagai lapis pondasi atas dengan tebal 10 cm dan LFA Kelas A sebagai lapis pondasi bawah dengan tebal 20 cm. Tebal lapis perkerasan lentur yang didapatkan menggunakan metode Manual desain perkerasan jalan 2017 adalah AC-WC dengan tebal 4 cm dan AC-BC dengan tebal 6 cm sebagai lapis permukaan, AC-Base sebagai lapis pondasi atas dengan tebal 8 cm dan LFA Kelas A sebagai lapis pondasi bawah dengan tebal 30 cm. Hasil evaluasi menggunakan program KENPAVE didapatkan bahwa hasil desain perkerasan lentur metode struktur perkerasan baik hasil desain melalui Pt T-01-2002-B maupun Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 mampu mencapai umur rencana. Tebal perkerasan alternatif yang mampu menahan repetisi beban lalu lintas ditinjau dari fatigue cracking, rutting dan permanent deformation dari metode Pt T-01-2002-B dan Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 B adalah AC-WC dengan tebal 4 cm dan AC-BC dengan tebal 5 cm sebagai lapis permukaan, AC-Base sebagai lapis pondasi atas dengan tebal 5 cm dan LFA Kelas A sebagai lapis pondasi bawah dengan tebal 35 cm. Kata Kunci: empiris, mekanistik-empiris, kenpave, tebal perkerasan |
Creators:
|
Prabowo, Slamet
|
Subjects:
|
|
Depositing User:
|
|
Date Deposited:
|
16 Apr 2025 04:50
|
Last Modified:
|
16 Apr 2025 04:50
|
URI: | https://repo.unwim.ac.id/id/eprint/391 |