ANALISIS SWOT STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA (Studi kasus di Kawasan Agrowisata Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat Desa Sukajadi Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang)

ANALISIS SWOT STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA (Studi kasus di Kawasan Agrowisata Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat Desa Sukajadi Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang).

[thumbnail of Skripsi Eshan Dijaya Satria.pdf] Text
Skripsi Eshan Dijaya Satria.pdf - Published Version

Download (3MB)
Item Type: Thesis
Title:
ANALISIS SWOT STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA (Studi kasus di Kawasan Agrowisata Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat Desa Sukajadi Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang)
Abstract:

ESHAN DIJAYA SATRIA, 2022. ANALISIS SWOT STRATEGI
PENGEMBANGAN AGROWISATA (studi kasus di kawasan dinas perkebunan
provinsi jawa barat desa sukajadi kecamatan wado kabupaten sumedang).
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan
eksternal, serta merumuskan strategi pengembangana agrowisata dinas perkebunan
provinsi jawa barat desa sukajadi kecamatan wado kabupaten sumedang. Metode
pengolahan dan analisis data menggunakan matriks IFAS (internal factor analysis
summary), EFAS (eksternal factor analysis summary) dan analisis SWOT. Hasil
penelitian menunjukan bahwa faktor internal agrowisata memiliki kekuatan yaitu
; kondisi strategis dikawasan agrowisata, agrowisata yang luas, agrowisata yang
dikelola oleh dinas perkebunan provinsi jawa barat, fasilitas yang memadai,
tanaman perkebunan yang terawat dan kelemahannya yaitu ; kurangnya wahana
permainan dikawasan agrowisata, promosi yang belum maksimal, kurangnya
pemeliharaan fasilitas dikawasan agrowisata, lahan yang belum dimaksimalkan,
harga tiket yang belum jelas. Faktor eksternal agrowisata memiliki peluang yaitu;
dukungan dari masyarakat, mendukung UMKM dikawasan agrowisata,
pemberdayaan masyarakat, kerjasama dengan pihak lain, sedikitnya agrowisata di
kabupaten sumedang dan ancamannya yaitu ; minat pengunjung untuk datang
kembali, sangat berdekatan dengan wisata yang lain, perkembangan agrowisata lain
yang mempunyai ciri khas, sulitnya akses mencapai lokasi agrowisata, faktor
bencana alam. Agrowisata Disbun ini berada pada titik kuadran I, merupakan
situasi yang sangat menguntungkan, perusahaan memiliki peluang dan kekuatan
strategi yang diterapkan yaitu mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif.
Strategi SO menciptakan strategi yang menggunakan kekuatan untuk
memanfaatkan peluang. Adapun Strategi SO sebagai berikut 1) Pengelola
bekerjasama dengan masyarakat Membuat event sehingga dapat meningkatkan
kunjungan wisatawan dan mendukung UMKM. 2) Melakukan pengembangan
Agrowisata dengan cara menambah spot foto yang beragam dan menambah sarana
prasarana di kawasan agrowisata kemudian bekerjasama dengan pihak lainnya. 3)
Pengelola mengedukasi kepada wisatawan terkait tanaman perkebunan sehingga
wisatawan dapat tertarik karena sedikitnya kawasan agrowisata di kabupaten
sumedang.

Kata kunci : Agrowisata, Strategi pengembangan, Analisis SWOT

Creators:
Eshan Dijaya Satria, -
Subjects:
Depositing User:
Date Deposited:
04 Jun 2025 04:01
Last Modified:
04 Jun 2025 04:01
URI: https://repo.unwim.ac.id/id/eprint/851

Actions (login required)

View Item
View Item