Title:
|
ANALISIS SWOT STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA (Studi kasus di Kawasan Agrowisata Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat Desa Sukajadi Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang)
|
Abstract:
|
ESHAN DIJAYA SATRIA, 2022. ANALISIS SWOT STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA (studi kasus di kawasan dinas perkebunan provinsi jawa barat desa sukajadi kecamatan wado kabupaten sumedang). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal, serta merumuskan strategi pengembangana agrowisata dinas perkebunan provinsi jawa barat desa sukajadi kecamatan wado kabupaten sumedang. Metode pengolahan dan analisis data menggunakan matriks IFAS (internal factor analysis summary), EFAS (eksternal factor analysis summary) dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor internal agrowisata memiliki kekuatan yaitu ; kondisi strategis dikawasan agrowisata, agrowisata yang luas, agrowisata yang dikelola oleh dinas perkebunan provinsi jawa barat, fasilitas yang memadai, tanaman perkebunan yang terawat dan kelemahannya yaitu ; kurangnya wahana permainan dikawasan agrowisata, promosi yang belum maksimal, kurangnya pemeliharaan fasilitas dikawasan agrowisata, lahan yang belum dimaksimalkan, harga tiket yang belum jelas. Faktor eksternal agrowisata memiliki peluang yaitu; dukungan dari masyarakat, mendukung UMKM dikawasan agrowisata, pemberdayaan masyarakat, kerjasama dengan pihak lain, sedikitnya agrowisata di kabupaten sumedang dan ancamannya yaitu ; minat pengunjung untuk datang kembali, sangat berdekatan dengan wisata yang lain, perkembangan agrowisata lain yang mempunyai ciri khas, sulitnya akses mencapai lokasi agrowisata, faktor bencana alam. Agrowisata Disbun ini berada pada titik kuadran I, merupakan situasi yang sangat menguntungkan, perusahaan memiliki peluang dan kekuatan strategi yang diterapkan yaitu mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif. Strategi SO menciptakan strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Adapun Strategi SO sebagai berikut 1) Pengelola bekerjasama dengan masyarakat Membuat event sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan mendukung UMKM. 2) Melakukan pengembangan Agrowisata dengan cara menambah spot foto yang beragam dan menambah sarana prasarana di kawasan agrowisata kemudian bekerjasama dengan pihak lainnya. 3) Pengelola mengedukasi kepada wisatawan terkait tanaman perkebunan sehingga wisatawan dapat tertarik karena sedikitnya kawasan agrowisata di kabupaten sumedang. Kata kunci : Agrowisata, Strategi pengembangan, Analisis SWOT
|