POLA DISTRIBUSI DAN EFISIENSI PEMASARAN CABAI RAWIT MERAH (Capsicum frustescens) DI KECAMATAN PAMULIHAN (Studi kasus di Desa Sukawangi Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang Jawa Barat)

POLA DISTRIBUSI DAN EFISIENSI PEMASARAN CABAI RAWIT MERAH (Capsicum frustescens) DI KECAMATAN PAMULIHAN (Studi kasus di Desa Sukawangi Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang Jawa Barat).

[thumbnail of Skripsi Prayoga Putra Sutrisna.pdf] Text
Skripsi Prayoga Putra Sutrisna.pdf - Published Version

Download (1MB)
Item Type: Thesis
Title:
POLA DISTRIBUSI DAN EFISIENSI PEMASARAN CABAI RAWIT MERAH (Capsicum frustescens) DI KECAMATAN PAMULIHAN (Studi kasus di Desa Sukawangi Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang Jawa Barat)
Abstract:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kelompok tani budidaya cabai
rawit merah, pola distribusi pemasaran cabai rawit, margin pemasaran, keuntungan
pemasaran, dan efisiensi pemasaran cabai rawit di Desa Sukawangi Kecamatan Pamulihan
Kabupaten Sumedang.
Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) berdasarkan
pertimbangan bahwa daerah tersebut merupakan salah satu sentra produksi cabai rawit di
Kabupaten Sumedang. Populasi dalam penelitian ini adalah petani berjumlah 20 orang
petani cabai rawit, 6 orang pelaku pemasaran. Serta 4 konsumen yang dijadikan sebagai
sampel dengan menggunakan metode Snowball.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa distibusi saluran pemasaran cabai rawit di Desa
Sukawangi memiliki tiga pola yang terdiri dari: Saluran 1; Produsen (petani), Konsumen,
Saluran 2; Produsen (petani), Pedagang Pengumpul, Konsumen. Saluran 3; Produsen,
Pedagang Pengumpul, Pedagang Besar, Pedagang Pengecer, Konsumen. Fungsi pemasaran
yang dilakukan oleh setiap lembaga pemasaran cabai rawit yaitu fungsi pertukaran, fungsi
fisik dan fungsi pembiayaan. Margin pemasaran saluran 1, nilainya Rp 0, margin
pemasaran 2 sebesar Rp 3.000/kg, sedangkan margin pemasaran pada saluran III, dimana
totalnya sebesar Rp 7.000/ kg. Saluran pemasaran cabai rawit yang paling efisien yaitu
saluran pemasaran 2 sebesar 5,35 %. kemudian saluran pemasaran 3 juga efisien sebesar
10,31 %

Kata kunci : Pola Distribusi, Efisiensi, Pemasaran

Creators:
Prayoga Putra Sutisna, -
Subjects:
Depositing User:
Date Deposited:
10 Jun 2025 04:49
Last Modified:
10 Jun 2025 04:49
URI: https://repo.unwim.ac.id/id/eprint/900

Actions (login required)

View Item
View Item