FAKTOR-FAKTOR BAURAN PEMASARAN YANG MEMPENGARUHI VOLUME PENJUALAN KOPI (Coffea sp) (Suatu Kasus di Koffie Tandjoeng Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang)

FAKTOR-FAKTOR BAURAN PEMASARAN YANG MEMPENGARUHI VOLUME PENJUALAN KOPI (Coffea sp) (Suatu Kasus di Koffie Tandjoeng Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang).

[thumbnail of Skripsi Soni Kurniawan.pdf] Text
Skripsi Soni Kurniawan.pdf - Published Version

Download (1MB)
Item Type: Thesis
Title:
FAKTOR-FAKTOR BAURAN PEMASARAN YANG MEMPENGARUHI VOLUME PENJUALAN KOPI (Coffea sp) (Suatu Kasus di Koffie Tandjoeng Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang)
Abstract:

Soni Kurniawan, 2023. Faktor-Faktor Bauran Pemasaran yang Mempengaruhi
Volume Penjualan Kopi (Coffea sp) (Suatu Kasus di Koffie Tandjoeng Kecamatan
Tanjungsari Kabupaten Sumedang). Dibawah bimbingan Dety Sukmawati dan Ning
Srimenganti.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaan dan pengaruh dari faktor produk,
harga dan tempat terhadap volume penjualan kopi di Koffie Tandjoeng. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel
yang digunakan sebanyak 40 responden. Teknik pengambilan sampel adalah sampling
purposive dengan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda pada SPSS
versi 25. Hasil penelitian koefisien determinasi (R2) sebesar sekitar 0,823, artinya variabel
produk, harga dan tempat menjelaskan 82,3% terhadap variabel volume penjualan kopi.
Hasil uji F, nilai Fhitung 61,645 > Ftabel 2,87. Hasil uji t variabel produk thitung -4.306 < ttabel -
2,028, variabel harga, thitung 13.322 > ttabel 2,028 dan variabel tempat, thitung -2.530 < ttabel -
2,028. Koffie Tandjoeng merupakan coffee roastery sejak tahun 2012, yang
mengedepankan citra kopi lokal Sumedang. Metode pengolahan kopi yang digunakan di
Koffie Tandjoeng yaitu metode natural process, washed process dan honey process. Hasil
analisis regresi linear berganda, hasil uji F dapat dinyatakan bahwa faktor produk, harga
dan tempat secara simultan berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan kopi di
Koffie Tandjoeng. Hasil uji t dapat dinyatakan bahwa secara parsial faktor produk dan
tempat berpengaruh negatif terhadap volume penjualan, sedangkan faktor harga
berpengaruh positif terhadap volume penjualan kopi di Koffie Tandjoeng.

Kata kunci: produk, harga, tempat, volume penjualan, Koffie Tandjoeng

Creators:
Soni Kurniawan, -
Subjects:
Depositing User:
Date Deposited:
11 Jun 2025 04:18
Last Modified:
11 Jun 2025 04:18
URI: https://repo.unwim.ac.id/id/eprint/903

Actions (login required)

View Item
View Item