PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA UPTD PEMBENIHAN IKAN KABUPATEN BANDUNG.
Full text not available from this repository.Item Type: | Thesis |
---|---|
Title:
|
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA UPTD PEMBENIHAN IKAN KABUPATEN BANDUNG
|
Abstract:
|
"Penelitian ini ditujukan untuk mengukur pengaruh kualitas pelayanan khususnya berdasarkan lima (5) dimensi servqual yaitu Assurance Emphaty (empati), Tangible (bukti fisik). Realihality (realibilitas) dan Responsiveness (daya tanggap) terhadap kepuasan pelanggan berdasarkan harapan harapan pelanggan yang tercakup pada lima (5) dimensi kepuasan yaitu Eiary o ger (kemudahan dalam memperoleh barang atau jana), Chaality and Realibility (persyaratan kualitas jasa), Competitive price (kesesuaian biaya), Best Service (cara pelayanan yang cepat dan ramah), dan Service after buying (layanan puma jual sebagai jaminan dan tanggung jawab) pada UPTD Pembenihan kan Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket dan data sekunder. Sample penelitian yaitu pelanggan UPTD Pembenihan Ikan dan yang dijadikan responden sebanyak 128 orang yang mewakili populasi. Analisis data penelitian dengan menggunakan analisis regresi lincar sederhana, analisis korelasi pearson, Koefesien determinasi dan dengan Uji t Berdasarkan hasil analisis data hasil regresi linear sederhana yaitu Y-3,338 + 0,291X, dan hasil koefesien korelasi yaitu r 0,731 menunjukan hubungan yang kuat antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, dan nilai koefesien Determinasi sebesar 53.4%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa secara umum kualitas pelayanan dan kepuasan pelangan masuk dalam kategori baik pada UPTD Pembenihan Ikan Kabupaten Bandung. Hasil analisis data statistic menunjukan besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan menunjukan hanya 53,4% pengaruhnya, dan sisanya 46,6% dipengaruhi variable lain. Walaupun secara umum dinilai baik, namun UPTD Pembenihan Ikan Kabupaten Bandung juga harus melihat data responden yang menginginkan peningkatan kualitas pelayanan pada jaminan pesanan benih ikan yang tepat waktu dan kemudahan dalam mendapatkan benih ikan yang berkualitas. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan" |
Creators:
|
RUHIMAT, ASEP
|
Depositing User:
|
|
Date Deposited:
|
12 Feb 2025 06:31
|
Last Modified:
|
12 Feb 2025 06:31
|
URI: | https://repo.unwim.ac.id/id/eprint/137 |