IMPLEMENTASI PEMBUATAN PETA INTERAKTIF TIGA DIMENSI BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (Studi Kasus Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat)

IMPLEMENTASI PEMBUATAN PETA INTERAKTIF TIGA DIMENSI BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (Studi Kasus Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat).

[thumbnail of 031/TA-30/UNW/BP/X/2023] Text (031/TA-30/UNW/BP/X/2023)
LAPORAN TUGAS AKHIR_Alfi Chandra02_ab.pdf - Other

Download (3MB)
Item Type: Thesis
Title:
IMPLEMENTASI PEMBUATAN PETA INTERAKTIF TIGA DIMENSI BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (Studi Kasus Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat)
Abstract:

Perkembangan dunia teknologi 4.0 saat ini harus dimanfaatkan tidak hanya kepentingan pemasaran saja tetapi bisa juga dimanfaatkan dalam zona spasial untuk sebuah sumber data informasi ataupun ilmu pengetahuan. Keilmuan geodesi saat ini sangat memerlukan dukungan sebuah komputer untuk membantu meringankan suatu pekerjaan. Salah satu teknologi yang bisa dimanfaatkan adalah teknologi imersif merupakan teknologi yang menggabungkan batasan antara dunia nyata dengan dunia digital atau dunia simulasi dengan bentuk penggunaanya adalah augmented reality (AR).
Dalam pemanfaatan AR untuk kepentingan ilmu pengetahuan maupun metode sebuah pembelajaran memiliki tantangan tersendiri, pasalnya produk aplikasi yang dihasilkan dibuat dengan agara dapat bisa mendeteksi sebuah Target Image yang menggabungkan benda maya 2 dimensi ataupun 3 dimensi lalu memproyeksikan benda benda maya tersebut secara real time. Penelitian ini dilakukan untuk dapat menyadarkan kepada para pendaki gunung bahwa betapa pentingnya pemahaman terkait data dan informasi serta karakterisitik daerah gunung atau pegunungan agar dapat meminimalisir terjadinya orang hilang di gunung.
Hasil dari penelitian ini dibuatnya sebuah aplikasi Augmented Reality yaitu dengan menggabungkan data Image Target berbentuk 2 dimensi dengan bantuan software unity, vuforia dan juga Arcgis sehingga dapat menampilkan secara nyata bentukan 3 dimensi medan berkontur sesungguhnya dengan dibantu menggunakan device android/Smarthphone. Agar bisa memberikan pemahaman tentang peta gunung yang akan didaki. Selain itu juga dapat dijadikan sebuah metode pengajaran tentang pengimplementasian pemahaman tentang kondisi yang sebenernya dalam peta
Kata Kunci: Pemetaan 3D, Augmented Reality, LoD, Media Pembelajaran

Creators:
CHANDRA, ALFI
Subjects:
Depositing User:
Date Deposited:
27 May 2025 09:07
Last Modified:
27 May 2025 09:07
URI: https://repo.unwim.ac.id/id/eprint/719

Actions (login required)

View Item
View Item