PARTISIPASI PETANI DALAM MENERAPKAN DIGITAL MARKETING DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH (Suatu Kasus di Desa Cimeuhmal Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang)

PARTISIPASI PETANI DALAM MENERAPKAN DIGITAL MARKETING DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH (Suatu Kasus di Desa Cimeuhmal Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang).

[thumbnail of Skripsi Dedeh Lilis J.pdf] Text
Skripsi Dedeh Lilis J.pdf - Published Version

Download (2MB)
Item Type: Thesis
Title:
PARTISIPASI PETANI DALAM MENERAPKAN DIGITAL MARKETING DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH (Suatu Kasus di Desa Cimeuhmal Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang)
Abstract:

DEDEH LILIS JUARIAH, 2022. Partisipasi Petani Dalam Menerapkan Digital
Marketing Dan Dampaknya Terhadap Pendapatan Usaha Tani Padi Sawah (Suatu
Kasus di Desa Cimeuhmal Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang). Dibimbing
oleh KARYANA KS dan LILIS AMALIAH ROSDIANA.
Perkembangan pembangunan pertanian tidak bisa terlepas dari partisipasi masyarakat
tani salah satunya di bidang marketing pada usahatani padi sawah di Desa Cimeuhmal
Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang. Sehingga muncul beberapa faktor-faktor
yang dapat mempengaruhi partisipasi petani dalam menerapkan digital marketing.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keragaan partisipasi dalam menerapkan
digital marketing, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani
dalam menerapkan digital marketing dan mengetahui pengaruh digital marketing
terhadap pendapatan usahatani padi sawah. Penelitian ini menggunakan metode
verifikatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan
observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi logit/logistik dan analisis
uji t berpasangan (paired t test). Hasil penelitian menunjukan bahwa keragaan
pasrtisipasi meliputi: pendidikan, wawasan, pengalaman dan usia. Untuk faktor yang
mempengaruhi keputusan petani dari 4 (empat) variabel hanya 3 (tiga) variabel yang
mempengaruhi keputusan partisipasi yaitu: wawasan, pengalaman, usia. Sedangkan
hasil pendapatan melalui digital marketing Rp 5.000/kg relatif lebih besar dari pada
usahatani padi sawah yang tidak menerapkan digital marketing Rp 4.500/kg.

Kata Kunci : Partsipasi Petani, Digital Marketing, Regresi Logit, Uji T Berpasangan.

Creators:
Dedeh Lilis Juariah, -
Subjects:
Depositing User:
Date Deposited:
04 Jun 2025 04:13
Last Modified:
04 Jun 2025 04:13
URI: https://repo.unwim.ac.id/id/eprint/854

Actions (login required)

View Item
View Item