PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PETANI TOMAT (Solanum Lycopersicum) DI KOPERASI LEMBANG AGRI (Suatu Kasus Anggota Koperasi Lembang Agri Desa Cikidang Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat)

PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PETANI TOMAT (Solanum Lycopersicum) DI KOPERASI LEMBANG AGRI (Suatu Kasus Anggota Koperasi Lembang Agri Desa Cikidang Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat).

[thumbnail of Agribisnis] Text (Agribisnis)
Skripsi Anis Fitriyani.pdf - Published Version

Download (3MB)
Item Type: Thesis
Title:
PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PETANI TOMAT (Solanum Lycopersicum) DI KOPERASI LEMBANG AGRI (Suatu Kasus Anggota Koperasi Lembang Agri Desa Cikidang Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat)
Abstract:

ANIS FITRIYANI, 2023. Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Petani Tomat
(Solanum Lycopersicum) di Koperasi Lembang Agri (Suatu Kasus Anggota Koperasi Lembang Agri
Desa Cikidang Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat). Dibawah bimbingan Euis Dasipah
dan Agi Dahtiar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaan koperasi Lembang Agri, keragaan petani tomat dan
pengaruh faktor-faktor Realitionship Marketing (kepercayaan, komitmen, komunikasi dan kepuasan
terhadap Loyalitas petani tomat di Koperasi Lembang Agri baik secara simultan maupun parsial.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif,verifikatif dengan pendekatan kuantitatif serta
menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan instrumen penelitian berupa
kuesioner dan studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Koperasi Lembang Agri adalah
sebuah badan usaha yang bergerak di bidang pertanian. Sementara pada analisis statistik menunjukkan
bahwa hasil uji simultan komponen relationship marketing (kepercayaan, komitmen, komunikasi dan
kepuasan) memberikan pengaruh yang tidak signifikan terhadap loyalitas petani tomat di Koperasi
Lembang Agri, sedangkan pada hasil uji secara parsial menunjukkan hanya dua komponen saja yaitu
komuniasi dan kepuasan yang memberikan nilai positif dan signifikan terhadap loyalitas petani tomat
di Koperasi Lembang Agri. Sementara dua komponen lainnya yaitu kepercayaan dan komitmen tidak
memberikan nilai yang signifikan terhadap loyalitas petani tomat di Koperasi Lembang Agri.

Kata kunci: Petani, Relationship, Loyalitas , Koperasi

Creators:
Anis Fitriyani, -
Subjects:
Depositing User:
Date Deposited:
18 Jun 2025 03:52
Last Modified:
18 Jun 2025 03:52
URI: https://repo.unwim.ac.id/id/eprint/906

Actions (login required)

View Item
View Item